silahkan klik daftar isi urzais

11 Desember 2008

Tips merawat laptop

Pemilik laptop tentunya sudah merasakan banyak hal bermanfaat yang bisa didapat dari laptop. Dengan laptop, tidak lagi perlu menunggu sampai di rumah untuk dapat menggunakan komputer, tidak perlu lagi menunda tulisan sampai esok hari untuk

diketik di komputer kantor, atau tidak perlu lagi mencari warnet terdekat. Dimana pun berada, apakah sedang dalam perjalanan bisnis, sedang liburan, atau sedang santai di cafe, laptop bisa digunakan karena selain ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana saja juga mampu menyimpan daya listrik.
Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, laptop saat ini pun semakin powerful. Laptop tidak hanya bisa digunakan untuk mengetik saja, tetapi juga bisa untuk bermain game, surfing website, menonton film, dan lainnya. Sehingga perjalanan atau liburan menjadi semakin menyenangkan karena tidak perlu repot "mencari" hiburan.
Tapi, dibalik kemudahan yang diberikan laptop juga memiliki "kerawanan" seperti daya tahan batere (penyimpan listrik) yang terbatas, mudah dimasuki kotoran/debu, mudah rusak, dan lainnya. Beberapa tips berikut ini mungkin berguna untuk mengatasi masalah kerawanan laptop tadi:
Meningkatkan daya tahan batere. Batere bisa dikatakan sebagai nyawanya laptop. Daya tahan batere di setiap laptop beragam tergantung dari jenis masing-masing laptop. Ada yang bisa bertahan 1 jam, ada yang dua jam, ada juga yang sampai 3-5 jam. Meskipun demikian, jenis laptop bukan satu-satunya faktor yang menentukan daya tahan batere. Faktor lainnya yaitu terkait dengan penggunaan laptop, seperti Screen (layar, LCD) laptop. Screen merupakan salah satu faktor utama yang membutuhkan daya listrik secara terus menerus. Selama screen masih "hidup" selama itu pula daya listrik disuplai. Karenanya upayakan untuk selalu men-set screen ke posisi setting yang terendah (terutama pada saat laptop dibutuhkan untuk bekerja lebih lama dengan hanya mengandalkan batere). Hal lainnya yang perlu diperhatikan yaitu fasilitas Bluetooth, wifi network, dan device lainnya yang bekerja secara "terus menerus". Jika tidak begitu diperlukan pada saat itu, sebaiknya "matikan" saja sehingga daya tahan batere menjadi lebih lama.
Lindungi Keyboard dan Layar. Hindari kebiasaan makan dan minum saat menggunakan laptop. Makanan/minuman bisa dengan mudah masuk ke sela-sela keyboard, atau mengotori LCD sehingga menjadi buram. Saat ini sudah banyak dijual pelindung keyboard dan LCD.
Gunakan alas laptop. Setelah bekerja lebih dari satu jam, biasanya laptop menjadi panas. Kalau biasa menggunakan laptop dipangkuan, tentunya hal ini menjadi tidak menyenangkan. Gunakan alas yang tidak menghantarkan panas di antara pangkuan dengan laptop.
Amankan data di laptop. Ketika bekerja dengan kondisi wireless aktif, pastikan data di laptop sudah terlindungi dari penggunaan/pengambilan data di laptop tanpa seijin si pemilik. Gunakan firewall untuk mencegah masuknya "komunikasi" yang tidak dikehendaki. Hilangkan juga sharing folder yang ada. Non aktifkan Local Server yang terinstall dan dalam kondisi running. Satu hal penting lainnya adalah, gunakan password untuk login ke laptop.
Nyamankan laptop. Laptop bisa dibawa kemana-mana dengan berbagai cara, Ada yang digantung di pundak, ada yang digendong di punggung, dan ada yang ditenteng. Apapun caranya tidak menjadi masalah selama menggunakan tas yang tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk membawa laptop tetapi juga bisa "melindungi" laptop dari terjatuh, terbentur, atau lainnya. Juga hindari kebiasaan "memenuhi" tas laptop dengan buku-buku atau kertas-kertas kerja. Perhatikan juga kebiasaan menyimpan laptop, jangan diletakkan di tempat yang mudah diduduki orang lain seperti di atas kursi kosong disamping kita duduk, atau di kursi belakang mobil, karena bentuknya yang kecil sehingga dimungkinkan orang lain tidak menyadari keberadaannya.
Backup rutin data di laptop. Laptop tidak dirancang untuk menggantikan komputer desktop di rumah, sehingga bekerja terus menerus menggunakan laptop bukan tidak mungkin berakibat pada kerusanan harddisk. Laptop saat ini juga masih tergolong ke dalam barang mahal, dan selalu menarik perhatian orang lain sehingga banyak kasus pencurian laptop. Sebelum hal-hal buruk itu terjadi (walaupun kita berharap tidak terjadi), biasakan untuk melakukan backup data secara rutin.

1 komentar:

Anonim,  Jumat, Januari 16, 2009  

thank's ya tipsnya....

Posting Komentar

>--New Recent Comments--<

>-Categories-<

Archives

>--Temen-2- urzais--<

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan:

>--link terkait--<

  © Terima Kasih Atas Kunjungannya

Back to TOP